Seberapa Baik Penglihatan Anda – Benarkah?

Seberapa Baik Penglihatan Anda – Benarkah?

Saya dulu berpikir bahwa penglihatan saya cukup bagus! Tetapi suatu hari saya melihat apa yang tampak seperti sarang laba-laba turun di wajah saya – tetapi tidak ada sama sekali – mereka ada di dalam mata saya – sebuah pengalaman yang sangat menakutkan.

Saya segera mengunjungi dokter saya yang dokter merujuk saya ke spesialis mata pada hari yang sama.

Dia mendiagnosis saya dengan degenerasi makula terkait usia. Ini benar-benar mengejutkan saya!

Ibu saya, yang bertahan hingga berusia 96 tahun, hampir buta selama dua dekade terakhir hidupnya karena efek lensa kontak untuk penglihatan degenerasi makula terkait usia.

Untuk alasan ini saya memutuskan untuk melihat subjek secara mendalam sehingga saya dapat melihat apa yang menyebabkan masalah, dan perawatan apa yang ada di pasaran dan kemanjuran relatifnya.

Karena kita berbicara tentang penglihatan seseorang di sini, penting bagi kita untuk mengetahui apa yang harus diperhatikan. Bahkan jika saat ini Anda tidak memiliki masalah dengan AMD, itu akan membayar Anda untuk mengikuti perjalanan saya dan mengambil tindakan untuk menghindari atau meminimalkan potensi permulaannya.

Apa itu degenerasi makula terkait usia?

Nah, seperti yang Anda bayangkan, ini berkaitan dengan masalah “makula” yang merupakan bagian dari retina, bagian belakang mata yang bertanggung jawab atas banyak elemen penglihatan Anda. Secara khusus makula terlibat dengan penglihatan rinci mata dan pengenalan warna. Dari sini pesan dikirim ke otak untuk diproses.

Bagian “degenerasi” jelas menyiratkan bahwa ada kemerosotan bertahap dari kemampuan itu. Dan bagian “terkait usia” dengan jelas menunjukkan bahwa semakin tua Anda semakin besar risikonya. Saat ini hal itu mempengaruhi sekitar 1,75 juta orang Amerika dan akan meningkat pesat seiring bertambahnya usia penduduk.

Supaya kita bisa mendapatkan gambaran keseluruhannya mari kita lihat berbagai tipe AMD, sebagai berikut:

Bentuk kering (atrofik):

Ini adalah bentuk paling umum yang dialami sekitar 90% penderitanya. Ini ditandai dengan kaburnya penglihatan sentral atau apa yang tampak seperti titik buta di lokasi itu.

Ini disebabkan oleh endapan yang disebut “drusen” yang terbentuk di mata. Ini seperti partikel “debu” yang sangat sangat kecil yang menumpuk di mata dan menyebabkan degenerasi penglihatan secara bertahap.

Degenerasi makula kering seringkali melewati tiga tahap

Pertama ada AMD awal di mana beberapa drusen muncul dan sangat kecil kemungkinannya Anda akan menyadari efek buruk apa pun.

Lalu ada AMD perantara di mana ukuran drusen bertambah. Sekali lagi, kecil kemungkinannya Anda akan menyadari gejalanya meskipun kadang-kadang beberapa orang melihat titik kabur di tengah paragraf penglihatan mereka. Akhirnya ada AMD tingkat lanjut di mana titik kabur di bagian tengah penglihatan menjadi lebih besar dan lebih gelap dan secara serius memengaruhi penglihatan langsung Anda.

Bentuk basah:

Hal tersebut disebabkan adanya penebalan selaput di bawah retina yang kemudian pecah. Hal ini mengganggu suplai oksigen yang dibutuhkan makula dan sebaliknya pembuluh darah abnormal mulai tumbuh yang sangat rapuh dan dapat mengeluarkan darah dan cairan ke dalam mata yang akhirnya menyebabkan hilangnya penglihatan.

Meskipun tidak sesering degenerasi makula kering ini lebih parah dan berkembang pesat.

Bagaimana AMD dapat dideteksi?

Ada beberapa tes yang bisa dilakukan sebagai berikut:

· Tes ketajaman visual. Ini adalah tes grafik mata dasar yang menilai penglihatan Anda

· Pemeriksaan mata dilatasi. Dokter akan melebarkan pupil Anda dengan meletakkan tetes di mata Anda dan klinik mata jakarta kemudian saraf retina optik akan menunjukkan tanda-tanda masalah.

· Jaringan Amsler. Ini adalah jembatan khusus dan jika Anda melihat distorsi dalam bentuk apa pun, bahkan garis-garis menghilang, ini dapat memberikan indikasi awal AMD

· Angiogram fluoresens. Ini adalah alat lain di mana pewarna disuntikkan ke dalam tubuh dan foto diambil dari mata saat pewarna melewati pembuluh darah di sana. Ini sangat membantu dalam hal AMD basah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *