Aturan Pajak Super Fund yang Dikelola

Aturan Pajak Super Fund yang Dikelola

Mempersiapkan masa pensiun Anda adalah bagian penting dari kehidupan kerja Anda. Apakah Anda berusia 50-an atau masih di awal 20-an, tidak ada kata terlalu dini untuk mempersiapkannya. Cara yang populer untuk mempersiapkan masa pensiun adalah dana super yang dikelola sendiri (SMSF). Banyak yang merasa kebebasan dan fleksibilitas dalam mengelola dan Pengembalian Pajak mengelola dana Anda sendiri lebih disukai daripada menjadi bagian dari dana yang lebih besar.

Namun, super fund swakelola tidak semudah yang diperkirakan sebagian orang. Ada aturan pajak super fund yang dikelola sendiri, serta persyaratan pelaporan dan audit. Persyaratan ini diawasi secara ketat oleh Pemerintah dan regulator yang sesuai.

Langkah pertama adalah menyiapkan layanan mengurus pajak SMSF. Prosedur ini membutuhkan banyak identifikasi dan administrasi, tetapi dapat dilakukan oleh orang yang ingin menyiapkan dana. Sebagai alternatif, Anda dapat meminta bantuan profesional, seperti akuntan pensiun untuk membantu Anda.

Setelah super fund yang dikelola sendiri ditetapkan, ada sejumlah persyaratan kepatuhan tahunan. Ini termasuk menyerahkan laporan dan audit kepada regulator Pemerintah. Mereka kemudian memeriksa apakah dana Anda sesuai dengan investasi yang Anda pilih.

Laporan dan audit ini disahkan setiap tahun, tetapi beberapa lebih sering setahun sekali. Selain itu, ada aturan pajak super fund swakelola yang juga berlaku.

Secara umum, dana super yang dikelola sendiri harus membayar pajak penghasilan. Jika itu adalah dana yang memenuhi di mana ada pendapatan yang dapat dihitung, maka pajak reguler sebesar 15 persen berlaku. Di sisi lain, SMSF yang tidak patuh memiliki pajak tetap sebesar 45 persen. Tetapi beberapa kasus juga memerlukan tarif pajak yang berbeda. Contohnya adalah:

• 45% dikenakan untuk pendapatan non-arms length
• 46,5% dikenakan untuk kontribusi tanpa TFN (Tax Fine Number)
• Tidak ada pajak yang dikenakan untuk jumlah yang diakui sebagai pendapatan pensiun saat ini
• 46,5% dikenakan untuk kontribusi yang di atas batas konsesi.

Adapun untuk SMSF yang memenuhi syarat, pendapatan yang dapat dihitung dan dikenakan pajak 15% adalah sebagai berikut:

• Kontribusi yang dapat dihitung
• Pendapatan modal bersih
• Bunga, sewa dan dividen

Biaya untuk auditor SMSF, supervisor, dan biaya lain yang timbul dapat dikurangkan sebagai biaya. Karena SMSF dikelola sendiri, maka segala kekurangan atau kesalahan dalam investasi yang dilakukan di SMSF Anda akan dianggap sebagai kesalahan Anda. Konsekuensi akan mengikuti dan sebagian besar berupa denda.

Kantor perpajakan tidak memberikan nasihat apa pun dalam investasi, jadi jika Anda mencari investasi yang baik untuk SMSF Anda, hubungi seorang profesional.

Harap diperhatikan bahwa semua nomor dalam artikel ini akurat pada saat penulisan, tetapi mungkin telah berubah untuk sementara waktu dan harus diverifikasi secara independen.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *